Halaman

Okey, teman-teman apa kabarnya nih? hehe. Setelah sebelumnya kita membuat sebuah program hello world, di postingan yang lalu-lau. Sekarang saya mau bagi-bagi pengetahuan suatu program sederhana yang bisa kita buat di JAVA, yaitu adalah program Menentukan Jumlah Banyaknya Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan.


Algoritma
Input
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : N
Bilangan ke 1 :
Bilangan ke 2 :
…………………
………………...
Bilangan ke N :

Output
Jumlah Bilangan Positif   :
Jumlah Bilangan Negatif :

Contoh :
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : 5
Bilangan ke 1 : -5
Bilangan ke 2 : -7
Bilangan ke 3 : 9
Bilangan ke 4 : 4
Bilangan ke 5 : 2

Output
Jumlah Bilangan Positif   : 3
Jumlah Bilangan Negatif :  2






Sebelum mulai mengerjakan, ingat kita berdo'a dulu :-D hehe

Ya udah, kita mulai...

Untuk langkah pertama, kita pahami dulu bersama algoritma diatas. Kita akan buat program Menentukan Jumlah Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan sesuai dengan Algoritma diatas. Disini saya akan menggunakan Library Class Scanner. Untuk memunculkan Scanner, kita panggil dengan statement berikut :

import java.util.Scanner;

Script diatas menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class Scanner yang berada di java.util package. Dalam Java Application Programming Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. Packages ini berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas.

Setelah Class Scanner dipanggil, saya akan mendeklarasikan sebuah class dengan nama Bilangan_Bulat_atau_Pecahan2 . Begini penulisan statement nya : 

public class Bilangan_Bulat_atau_Pecahan2 {// awal blok program

}//akhir blok program

Setelah itu, deklarasikan variabel-variabel yang akan dibutuhkan dalam program ini. Di dalam program ini, saya akan mendeklarasikan beberapa variabel, ada juga yang menggunakan array. Contoh, mendeklarasikan variabel biasa dan array.

contoh mendeklarasikan array :
public double bilangan[]=new double[100];
//mendeklarasikan  variabel Array yang bernama bilangan dengan menentukan jumlah elemen 100

contoh mendeklarasikan variabel biasa :  
public int jumlah = 0;
//mendeklarasikan variabel jumlah bertipe integer, dan menginisialisasikan jumlah = 0 

Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.

Setelah itu, saya akan membuat method. saya disini menggunakkan 2 jenis buah method. Ada method void dan non-void. Method void adalah method yang tidak mengembalikan nilai. Sedangkan Method non-void adalah method yang bisa mengembalikan nilai / bisa disebut accesor method. Method void cara kerjanya sama seperti sebuah prosedur, sedangkan method non-void cara kerjanya sama seperti dengan fungsi.

Apabila method yang dibuat ditunjukan untuk mengembalikan suatu nilai tertetu, maka didalam method tersebut harus terdapat statement return, yang diikuti dengan nilai yang akan dikembalikan.

Begini contoh penulisan method yang akan digunakkan di program ini : 
1. Contoh method fungsi/method yang bisa mengembalikan suatu nilai
<tipe_data><nama_method>(parameter){
 proses;
return (nilai balikan);
}

int jumlah (int a, int []b){
int jumlah = 0;
for (int index = 0; index < a; index++){
if (b[index]!=0){
jumlah++;
}
}
}  

2. Contoh method void : 
<tipe_data><nama_method>(parameter){
 proses;
}

void Output(){
System.out.println("\n\nOutput");

Engga sampe disini, di program ini saya juga memasukkan Statement kontrol. Apa sih statement kontrol itu? Statement kontrol itu digunakan untuk mengatur jalannya alur program sesuai dengan yang kita inginkan. Statement-statement ini dikatagorikan ke dalam 3 jenis, yaitu : pemilihan, pengulangan, dan statement peloncatan.
Dalam kategori pemilihan, digunakan untuk menentukan statement mana yang akan dieksekusi tergantung dari ekspresi atau kondisi yang didefinisikan. Dalam pemilihan, JAVA menyediakan dua buah statement untuk proses pemilihan. yaitu : if dan switch. Kedua statement tersebut digunakan untuk mengontrol eksekusi statement tergantung pada kondisi yang ditentukan sebelumnya.
Untuk Statement Kontrol Pemilihan, saya menggunakan pemilihan if saja
Contoh : 

if(b[index]!=0){
        jumlah++;
        } 
// dijelaskan, bahwa jika isi b[index] tidak sama dengan 0, maka jumlah++ (nilai jumlah ditambah 1) 

Tidak hanya kategori pemilihan, saya juga menggunakkan kategori pengulangan. :-D
Dalam kategori pengulangan, digunakan untuk mengulang suatu statement sampai dengan ditemukannya kondisi untuk berhenti. Salah satu kehebatan dari komputer dibandingkan manusia, bahwa komputer itu bisa mengulang pekerjaan tertentu secara cepat dan akurat, ga perlu cape. Eh tapi komputer, ciptaan manusia ya? hhehe, :-D tetep sajalah manusia mah hebat dari pada komputer. hihihi...

okeh, lanjut ah....

Dalam Java, terdapat 3 buah jenis pengulangan. yaitu : for, while, do-while 
Untuk Statement Kontrol Pengulangan saya menggunakan pengulangan for saja.
Contoh : 
 for(insialiasasi ; kondisi ; iterasi){
statement;
}

for(int index = 0; index < inputan; index++){statement}
ket : 
            //Pengulangan, index = 0 (inisialisasi)
            // index < inputan (kondisi), index++ (iterasi). Jika index bernilai lebih kecil dari
            //inputan maka index akan bertambah 1 sampai sama dengan jumlah inputan. dan statement akan       ditampilkan sesuai dengan banyaknya inputan

Okeh, biar anda bisa liat script program ini keseluruhan. liat dibawah ini :

Bulat_dan_Pecahan.java

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package thr3_xiirpl4_m_widyan_riadhi_f_genap;

/**
 *
 * @author widyan
 */
import java.util.Scanner;
//memanggil class Scanner yang ada di java.util package. Berfungsi untuk menagmbil inputan dari user
public class
Bulat_dan_Pecahan //mendefinisikan Kelas Bilangan_Bulat_atau_Pecahan2. Karena ada kata kunci "class"
{//blok awal sebuah program (class)
    public double bilangan[]=new double[100];
    //mendeklarasikan variabel Array yang bernama bilangan dengan menentukan jumlah elemen 100
    public double bulat[]=new double[100];
    //mendeklarasikan variabel Array yang bernama bulat dengan menentukan jumlah elemen 100
    public double pecahan[]=new double[100];
    //mendeklarasikan variabel Array yang bernama pecahan dengan menentukan jumlah elemen 100
    public double inputan; //mendeklarasikan variabel bernama inputan bertipe double
    public int jumlah = 0;//mendeklarasikan variabel jumlah bertipe integer, dan menginisialisasikan jumlah = 0
    public int b=0, p=0;
    public void Input()//(method prosedur)
    //mendeklarasikan method dengan nama Input tidak berparameter. Dan bisa diakses dari object luar class
    //karena dalam method dituliskan "public"
    {
    System.out.println("Jumlah bilangan yang akan dimasukan :");//menampilkan kata
        //"Jumlah bilangan yang akan dimasukan :"
    Scanner masuk = new Scanner(java.lang.System.in);
    //mendeklarasikan dan menginstansiasi sebuah variabel bernama "masuk" dengan tipe Scanner
    inputan = masuk.nextDouble();
    //proses mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai double.
        //Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel inputan
    for(int index = 0; index < inputan; index++)//Pengulangan, index = 0 (inisialisasi)
            // index < inputan (kondisi), index++ (iterasi). Jika index bernilai lebih kecil dari
            //inputan maka index akan bertambah 1 sampai sama dengan jumlah inputan yang dimasukkan user
    {
        System.out.println("Masukkan bilangan ke " + (index+1)+ ":");//menampilkan hasil pengulangan.
        bilangan[index] = masuk.nextDouble();//proses mendapatkan input dari user
        //Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel bilangan[index]
    }
    }
    public void seleksi()//method prosedur
    //mendeklarasikan method dengan nama seleksi tidak berparameter. Dan bisa diakses dari object luar class karena dalam method dituliskan "public"
    {
    for(int index = 0; index < inputan ; index++)//pengulangan
    {
    if ((bilangan[index]%2!=0)&&(bilangan[index]%2!=1)&&(bilangan[index]%2!=-1))//proses seleksi
            //jika inputan tadi/bilangan[index] dibagi 2 ada sisa hasil baginya tidak sama dengan 0, 1, dan -1
            //berarti itu termasuk bilangan pecahan, kalau tidak ada hasil bagi. itu termasuk bilangan bulat
        { 
         pecahan[index] = bilangan[index];//memasukkan nilai bilangan ke nilai pecahan
       pecahan[index]++;//iterasi (nilai jumlah ditambah 1)
        }
    else{
        bulat[index]= bilangan[index]; //memasukkan nilai bilangan ke nilai bulat
       bulat[index]++; //iterasi (nilai jumlah ditambah 1)
        }
    }
    System.out.println("\n\nOutput");//menampilkan outputan
    System.out.print("Jumlah Bilangan pecahan = [" +
Bulat_dan_Pecahan.proses(inputan, pecahan) + "]\n");
    System.out.print("Jumlah Bilangan bulat = [" +
Bulat_dan_Pecahan.proses(inputan bulat) + "]\n");
    }
   
    public static int proses(double a, double b[])//(method bersifat fungsi)/method static
            //mendeklarasikan method Proses, dengan parameter (double a, double b[])
            //method ini bisa diakses dari objeck luar class, dengan tipe return integer
    {
        int jumlah = 0;//mendeklarasikan variabel jumlah dan menginisialisasikan jumlah = 0;
        for( int index = 0; index < a; index++)//proses pengulangan
        {
        if(b[index]!=0){
        jumlah++;
        }
        }
        return jumlah;//mengembalikan nilai jumlah menjadi isi
    }
    }//akhir blok program (class)
   

Ket : script yang berwarna merah adalah komentar

Bulat_dan_PecahanTest.java

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package thr3_xiirpl4_m_widyan_riadhi_f_genap;

import java.io.IOException;
/**
 *
 * @author widyan
 */
public class Bulat_dan_PecahanTest
//mendefinisikan Kelas Bilangan_Bulat_atau_Pecahan2.
{//awal blok program (class)
    public static void main(String[] args) //main program
          throws IOException //untuk menangkap informasi yang salah apabila memasukan input dari keyboard
    {//awal blok main program
     Bulat_dan_Pecahan S = new Bulat_dan_Pecahan();
     //menginstansiasi nama class, menjadi nama class baru (Jalankan). Untuk memanggil method atau class
     S.Input();//memanggil method input
     S.seleksi();
}//akhir blok main program
}//akhir blok program (class)


Kemudian setelah itu, run program pada main class. yaitu ada di Bulat_dan_PecahanTest.java
Setelah dijalankan, hasilnya akan seperti ini : 

 

Good Luck :-D Selamat mencoba

Mohon koreksinya apabila ada kesalahan :-)

 
 
 




This entry was posted on 09.01 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 24 September 2014 pukul 23.36 , Mas Anang mengatakan...

mas, blok na diperbaiki lah..
ini susah liatnya background warna abu"
yang simpel aja napa..